Jumat, 09 Desember 2011

Penemuan Spektakuler dalam Biologi



Ilmu biologi telah berkembang sangat pesat dan menjadi dasar bagi berkembangnya berbagai ilmu terapan yang meningkatkan kesejahtaraan manusia. Penemuan-penemuan tersebut antara lain :

Penemuan Struktur DNA
Penemuan rumus bangun kimia DNA (gambar) oleh James Watson dan Francis Crick pada tahun 1953 memberi dampak yang sangat besar terhadap ilmu biologi, khususnya ilmu bioteknologi. Karena materi dasar pembawa sifat telah diketahui,para ahli bioteknologi bisa mendapatkan sifa-sifat yang dinginkan dari suatu organisme dengan cara mengubah subtansi dasar tadi sehingga lahirlah rekayasa genetik.

Teknik Rekayasa Genetik
Penemuan teknik rekayasa genetik atau teknik DNA rekombinan merupakan salah salah satu cara perbaikan sifat organisme sehingga dapat diperoleh organisme dengan sifat unggul sesuai keinginan manusia.

Human Genome Project
Human genome project merupakan suatu proyek pengurutan basa nitrogen penyusun genom manusia. Genom adalah seluruh gen pan kromosom. Urutan basa penyusun genom manusia telah berhasil diurutkan sehingga peta gen manusia dapat ditemukan. Manfaat yang dapat diperoleh , antara lain dapat diketahui gen-gen yang menyebabkan penyakit keturunan.


Kloning
Kloning domba dolly pada tahun 1997 dan kloning protomea (kuda kloning) yang lahir pada tahun 2003 merupakan salah satu penemuan penting dalam bidang biologi. Meskipun begitu, penemuan ini masih membawa prokontra di masyarakat apabila diterapkan pada manusia.

sumber : Menjelajah Dunia Biologi 1 , Sri Pujiyanto

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

silahkan dikomen..